0

Tips Menghemat Baterai Laptop


Low Battery

Laptop adalah benda portable yang artinya mudah dipindah dan dibawa kemana mana. Untuk itu, laptop memerlukan energi berupa listrik yang tersimpan di dalam baterai. Tentu saja jika digunakan terus menerus, baterai itu akan habis. Berikut beberapa tips menghemat baterai laptop yang berguna disaat sobat tidak membawa charger.

1. Hindari Pemakaian Yang Berlebihan

Maksudnya, jangan memaksa membuka banyak windows dalam waktu yang bersamaan. Seperti menulis sambil mendengarkan lagu dan mengcopy file. Cobalah untuk membuka satu per satu dan bergantian. MultiTasking akan menyebabkan prosessor bekerja lebih keras dan tentunya baterai akan lebih cepat habis. 

2. Hentikan Aplikasi Yang Tidak Perlu

Terkadang jika sobat men-close sebuah aplikasi, aplikasi tersebut masih berjalan di tampilan background (tidak muncul di taskbar). Hentikan aplikasi yang tidak perlu tersebut.
Caranya :

* Buka Task Manager dengan klik CTRL + ALT + DELETE >> pilih task manager.

Task Manager

* Scroll kebawah pada Background processes, dan hentikan aplikasi aplikasi yang tidak perlu.

Task Manager

3. Ubah Power Setting Ke Battery Saver

Battery Saver setting akan otomatis mematikan aplikasi yang berjalan di background dan mengatur agar baterai laptop kita bertahan selama mungkin.
lantas kenapa kita menghentikannya secara manual pada point ke-2?
"Tidak semua aplikasi yang berjalan di background dihentikan, terkadang aplikasi yang dianggap penting oleh windows tetap dibiarkan berjalan. Oleh karena itu, kita dianjurkan menghentikannya secara manual"

Sobat bisa megaktifkan Battery Saver untuk windows 8 ke atas, dengan cara klik icon baterai di pojok kanan bawah, lalu pilih Battery Saver.

Power Saver

4. Hentikan Pemakaian Di Bawah 15%

Pada windows, akan ada peringatan jika baterai sudah memasuki angka 15%. Jika sudah muncul peringatan ini, segera hentikan pemakaian dan matikan laptop sobat. Jangan sampai menunggu baterai habis secara keseluruhan dan laptop mati, hal ini mengakibatkan melemahnya komponen komponen yang ada di dalam baterai dan bisa berakibat fatal, bahkan baterai tidak bisa digunakan kembali dan harus ganti dengan baterai yang baru.

5. Cabut Baterai Jika Sudah Terhubung Dengan Charger

Jika sobat sudah terhubung dengan charger sobat, dan laptop terpaksa masih harus digunakan, lebih baik lepaskan baterai laptop sobat. Jika sobat tidak melepas baterai laptop sobat, baterai akan mengalami konflik arus listrik dan menjadi panas, lama kelamaan akan merusak baterai itu sendiri. Lebih baik lagi jika laptop dimatikan saat charging.

Post a Comment Blogger

Jika mengalami eror saat mendownload dari Kumpul Bagi, silahkan lihat solusinya di >> http://pc-blogx.blogspot.com/2015/12/solusi-mengatasi-download-error-di.html

* Gunakan bahasa yang baik dan sopan
* No Spam
* Jika ingin mencantumkan link blog, ubah Comment As menjadi Name/URL.

 
Top