0

Screen Shot Layar Dengan Mudah Dengan Atau Tanpa Software


ScreenShot

        Screen Shot, adalah istilah yang digunakan untuk menyebut arti lain dari mengambil gambar layar monitor. Sebenarnya tutorial ini sudah tidak perlu dipublish lagi, hanya untuk menambah waktu luang dan membagi ilmu :).

        Back to topic... Terdapat 2 cara yang dapat kita gunakan untuk mengambil Screen Shot, dengan bantuan software atau tanpa bantuan software. Keduanya cukup simpel dan mempunyai kelebihan masing masing. Berikut akan dijelaskan.

Tanpa Software

Untuk mengambil ScreenShot tanpa software, tombol yang akan digunakan adalah PrintScreen / Prt Sc. Yang biasanya terletak di kumpulan tombol atas kanan dari keyboard.

Print Screen

Disini kita tidak menggunakan software dalam arti tidak perlu mengunduh software lagi. Karena kita hanya akan menggunakan Paint yang sudah disediakan secara default oleh windows.

Setelah sobat menekan tombol Prt Sc, Buka paint dan klik CTRL + V. Atau paste. Maka akan terpaste gambar layar monitor sobat. Klik save.

Screen Shot


Dengan Bantuan Software

Tutorial kedua yakni dengan menggunakan bantuan software. Banyak software gratis yang digunakan untuk mengambil screen shot. Disini kita ambil contoh dengan menggunakan LIGHTSHOT.

Kenapa harus lightshot?

Yap, karena lightshot sangat mudah dan simple. Juga disediakan fitur untuk mengedit gambar secara instant. 

Lightshot

Disaat kita mengetikkan kata kunci "Screen Shot" di mesin pencari google, aplikasi PC yang teratas muncul adalah LIGHTSHOT.

Lightshot

Untuk cara penggunaan lightshot cukup mudah.
>> Pertama install terlebih dahulu lightshotnya, 
>> Kemudian tekan tombol Print Screen untuk mulai mencapture. 
>> Layar kita akan menjadi sedikit gelap. Nah, mulai lah memblock daerah yang akan dicapture.
>> Klik kanan > save.


Lightshot

LIGHTSHOT



Selain Lightshot. Sobat juga bisa menggunakan BANDICAM. 
Bandicam tidak terbatas hanya untuk mengambil layar monitor, namun juga bisa merekan layar monitor menjadi sebuah video.


Bandicam

BANDICAM

Post a Comment Blogger

Jika mengalami eror saat mendownload dari Kumpul Bagi, silahkan lihat solusinya di >> http://pc-blogx.blogspot.com/2015/12/solusi-mengatasi-download-error-di.html

* Gunakan bahasa yang baik dan sopan
* No Spam
* Jika ingin mencantumkan link blog, ubah Comment As menjadi Name/URL.

 
Top